JURNAL EKONOMI PEMBANGUNAN Teakredit asi
SK
DIKTI No 51/DIK TI /KE P/2010
Vol 11, No 2, D esember 2010
FE U niversi tas Muhamadi yah Surak arta
MODEL ALTERNATIF UNTUK MEMBANGUN SISTEM INFORMASI
PERENCANAAN PAJAK DAERAH DAN RETRIBUSI DAERAH
Tony Seno Aji
tonysenoaji@yahoo.com
Universitas Negeri Surabaya (Surabaya State University)
Abstract: This research is aimed to develop and coincidentally to improve
the
planning model of current the regional revenue and retribution. This
research is also to accomodate the potential of revenue and retribution of the
region, the managerial capability of government and the regional
macroeconomic condition which have been neglected. Macroeconomic
variable selection that influenced the regional revenue and retribution for the two-wheel and
four-wheel vehicles were the government expenditure and the interest rate, and
for more-than-four-wheel vehicles were the the
government expenditure
and exchange
rate. The
potential of parking tax which
was achieved from the tax payers in the year 2009 reached by
Rp.
733,937,632 and
the total value of parking retribution potential in that same year was Rp 548,440,103. The attainment of parking tax and retribution only around half from potency. The trend of Financial Capability Index
from 2004 to 2008
declined and belonged to medium category. As a whole
the
coverage ratio of
the regional revenue and retribution of
Gresik
Municipality was
48.58 percent, which means that the collectiven ess of the regional revenue
and retribution is considered to be in the condition of
far
below its optimum
level.
Keywords: regional revenue, regional retribution, tax potential , signal approach.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk membangun
model perencanaan pajak daerah dan retribusi daerah (PDRD) guna memperbaiki model
perencanaan PDRD yang telah ada. Penelitian ini mengakomodir potensi
PDRD, kemampuan manajemen pengelola , dan mempertimbangkan kondisi makroekonomi daerah yang selama ini kurang diperhatikan.
Hasil seleksi
variabel makroekonomi yang mempengaruhi PDRD untuk
parkir roda dua dan
roda empat adalah pengeluaran pemerintah, dan
suku bunga,
sedangkan untuk kendaraan parkir roda lebih dari empat adalah kurs dan pengeluaran pemerintah . Potensi pajak parkir pada tahun 2009 sebesar Rp 733.937.632 dan potensi
retribusi parkirnya
sebesar
Rp 548,440,103. Pencapaian PDRD hanya sekitar setengah dari
potensi. Indeks Kemampuan
Keuangan Kabupaten
Gresik sejak tahun 2004 hingga 2008 sangat fluktuatif
dan termasuk kategori sedang. Secara keseluruhan, nilai
coverage
ratio PDRD
Kabupaten Gresik adalah
sebesar 48.58%, yang berarti
bahwa
kolektibilitas PDRD berada pada
kondisi yang jauh di bawah tingkat
optimalnya.
Kata kunci: pajak daerah, retribusi daerah,
potensi pajak, signal approach.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar