Kamis, 02 Desember 2010

MODEL ALTERNATIF UNTUK MEMBANGUN SISTEM INFORMASI PERENCANAAN PAJAK DAERAH DAN RETRIBUSI DAERAH



JURNAL EKONOMI PEMBANGUNAN                               Teakredit asi SK DIKTI No 51/DIK TI /KE P/2010
Vol 11, No 2, D esember 2010
FE U niversi tas Muhamadi yah Surak arta





MODEL ALTERNATIF  UNTUK MEMBANGUN SISTEM INFORMASI PERENCANAAN  PAJAK DAERAH DAN RETRIBUSI DAERAH


Tony Seno Aji
tonysenoaji@yahoo.com

Universitas Negeri Surabaya (Surabaya State University)


Abstract: This research is aimed to develop and coincidentally to improve the planning model of current  the regional revenue and retribution. This research is also to accomodate the potential of revenue and retribution of the region, the managerial capability of government and the regional macroeconomic condition which have been neglected. Macroeconomic variable  selection that influenced the regional revenue and retribution for the two-wheel and four-wheel vehicles were the government expenditure and the interest rate, and for more-than-four-wheel vehicles were the the government expenditure  and exchange  rate.  The potential  of  parking  tax  which  was achieved from the tax payers in the year 2009 reached by Rp. 733,937,632 and the total value of parking retribution potential in that same year was Rp 548,440,103. The attainment of parking tax and retribution only around half from potency. The trend of Financial Capability Index   from 2004 to 2008 declined and belonged to medium category. As a whole the coverage ratio of the  regional  revenue  and  retribution  of  Gresik  Municipality  was  48.58 percent, which means that the collectiven ess of the regional revenue and retribution is considered to be in the condition of far below its optimum level.

Keywords:  regional revenue, regional retribution, tax potential , signal approach.


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk membangun model perencanaan pajak daerah dan retribusi daerah (PDRD) guna memperbaiki model perencanaan PDRD yang telah ada. Penelitian ini mengakomodir  potensi PDRD, kemampuan manajemen pengelola , dan mempertimbangkan kondisi makroekonomi daerah yang selama ini kurang diperhatikan. Hasil seleksi variabel makroekonomi yang mempengaruhi PDRD untuk   parkir roda dua dan   roda   empat   adalah   pengeluaran   pemerintah,   dan   suku   bunga, sedangkan untuk kendaraan parkir roda lebih dari empat adalah kurs dan pengeluaran pemerintah . Potensi pajak parkir pada tahun 2009 sebesar Rp 733.937.632  dan  potensi  retribusi  parkirnya  sebesar  Rp  548,440,103. Pencapaian PDRD hanya sekitar setengah dari potensi. Indeks Kemampuan Keuangan Kabupaten Gresik sejak tahun 2004 hingga 2008 sangat fluktuatif dan  termasuk kategori sedang. Secara keseluruhan,  nilai  coverage  ratio PDRD Kabupaten Gresik adalah sebesar 48.58%, yang berarti bahwa kolektibilitas PDRD berada pada kondisi yang jauh di bawah tingkat optimalnya.

Kata kunci: pajak daerah, retribusi daerah, potensi pajak, signal approach.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar